15 February 2018

Profil Ustadz Abdul Somad



Biodata Ustad Abdul Somad


  • Nama Lengkap : Abdul Somad Batubara, Lc., MA
  • Tempat, Tangga Lahir : Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977
  • Pekekrjaan : Penceramah, Ahli ilmu Hadist, Ulama, Dosen

Pendidikan :
  • SD al-Washliyah
  • Mts Mu'allimin al-Washliyah Medan
  • Madrasah Aliyah Nurul Falah, 
  • S1 Al-Azhar, Kairo, Mesir 
  • S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko
Riwayat Pekerjaan :
  • Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 
  • Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau 
  • Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru 
  • Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian
  • Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan
  • Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau
BIOGRAFI


Nama Ustadz Abdul Somad mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat. Ia terkenal lewat video-video ceramahnya yang menajam lewat media sosial Youtube. Banyak yang telah menonton dan membagikan video ceramahnya karena dianggap sangat mengena dengan gaya penyampaian yang humoris namun amat berkualitas. Bahkan jika kita membuka halaman Youtube lalu mengetikkan kata “Ustadz” pada kolom pencarian, namanya tertumpu paling atas membawahi Hanan Attaki dan Ustadz yang tak kalah tajamnya, Khalid Basalamah.

Lalu siapakah Ustadz Abdul Somad sebenarnya? Pria kelahiran Rabu Petang 18 Mei 1977 silam ini merupakan lulusan Universitas Al-Azhar Mesir dan mendapatkan gelar pascasarjananya dari Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko. Selain aktif sebagai pendakwah, ia juga tercatat sebagai Dosen di beberapa perguruan tinggi yang ada di Riau.

Namanya mulai kondang beberapa tahun lalu saat video-video pengajiannya viral di Youtube. Kajian-kajiannya yang tajam dan menarik membuat banyak orang suka dengan tausiahnya. Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramah Ustadz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak dari ceramah Ustadz Abdul Somad yang mengulas berbagai macam persoalan agama. Dan bahkan bukan itu saja, ceramah Ustadz Abdul Somad juga banyak yang membahas mengenai masalah-masalah kekinian, nasionalisme dan berbagai masalah yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.

Sejak dari bangku sekolah dasar dirinya dididik melalui sekolah yang berbasis pada Tahfidz Alquran. Tamat dari SD Al-Washliyah tahun 1990, ia hijrah untuk melanjutkan pendidikannya ke Mts Mu’allimin al-Washliyah Medan. Namun setelah tamat tahun 1993, ia kembali ke Riau untuk menempuh pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu dan menyelesaikannya di tahun 1996.

Tahun 1998, ia merupakan salah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa yang dibuka oleh pemerintah mesir untuk orang indonesia belajar di Al-Azhar mengalahkan 900-an orang lainnya yang mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Abdul Somad mendapatkan gelar Lc-nya dalam waktu tiga tahun 10 bulan.

Kemudian pada tahun 2004, kerajaan maroko menyediakan 15 beasiswa bagi pendidikan S2 di Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute yang setiap tahunnya hanya menerima 20 orang murid dengan rincian 15 orang maroko dan lima orang untuk asing. Abdul Somad pun terpilih untuk masuk dalam kuota penerimaan 5 orang asing tersebut melalui jalur beasiswa S2 yang diselesaikannya dalam waktu satu tahun 11 bulan.

Ada kejadian yang agak menggelitik saat ia pulang ke tanah air pada tahun 2009. Dirinya diminta oleh Masjid yang ada di Riau untuk mengisi tausyiah bulan Ramadhan sebelum melaksanakan shalat tarawih. Sebelum adzan Isya berkumandang, ia sudah duduk di dalam Masjid tersebut. Karena penampilannya yang biasa saja, banyak yang tidak mengenalinya, bahkan termasuk pengurus Masjid yang memintanya datang.

Setelah Adzan Isya, pengurus Masjid pun berdiri dihadapan jamaah lalu memberikan pengumuman.
“Jamaah yang hadir, malam ini kita akan mendengarkan tausyiah dari Ustadz Abdul Somad Lc MA lulusan Mesir dan Maroko. Karena beliau tidak datang jadi setelah Shalat Isya kita langsung saja Shalat Tarawih,” ujar Ustadz Abdul Somad mengulang perkataan pengurus Masjid tersebut.
“Padahal tedudok dah saya disitu, Jadi kalau dulu saya harus memperkenalkan diri karena kalau nengok bentuk saya banyak orang ragu betul ndak kau ni Ustadz,” kelakarnya dengan dialek melayu yang khas.

Download Mp3 Ceramah Ustadz Abdul: Download

1 comments so far

Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Tshirt Dakwah Muslim Disini tempatnya: gootickapparel.com

Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya: weedhus.com


EmoticonEmoticon